perkembangan motorik

15 11 2009

PERMAINAN dan LATIHAN OLAHRAGA
DEWASA AKHIR/ MANULA

A. Karakteristik
Pertambahan umur seseorang berpengaruh terhadap fungsi organ, setelah terjadi puncak kematangan usia dewasa fungsi organ tubuh mengalami penurunan (pada usia tua yaitu 60 th keatas). Penurunan tersebut diantaranya fungsi fisiologis dan neurologist, kemampuan bergerak, panca indera, daya ingat, kekuatan, dan keseimbangan.

B. Permainan dan latihan
Permainan yang cocok untuk usia tua:
1.Tenis meja
Permainan ini tidak sama dengan yang dilakukan pada saat usia muda atau untuk prestasi, namun hanya sebatas untuk meningkatkan dan memelihara kesegaran jasmani atau sebagai hiburan. Permainannya pun tidak dengan intensitas yang terlalu berat.

2.Permainan Catur
Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan daya konsentrasi yang mulai menurun dan sebagai sarana mengisi waktu luang dengan teman sebayanya. Aktivitas fisiknya pun tidak terlalu berat sehingga sangat cocok untuk usia tua.
Olahraga merupakan aktivitas yang memberikan rangsangan untuk melakukan frekuensi pernafasan lebih cepat dan lebih mendalam untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang diperlukan (Dr. Sugyanto :6.33). Latihan olahraga yang teratur pada usia tua sangat berpengaruh dalam menjaga kesegaran jasmaninya, sehingga penurunan-penurunan yang terjadi dapat dihambat atau tidak terlalu cepat.
Namun jenis-jenis latihan olahraga yang diberikan tidak sama dengan yang diberikan pada usia remaja ataupun pada usia puncak prestasi. Jenis-jenis latihannya tidak terlalu berat dan menguras terlalu banyak tenaga. Permainan untuk usia tua pun tidak jauh berbeda dengan latihan yang diberikan.

Latihan olahraga yang cocok untuk usia tua antara lain:
1.Jalan kaki
2.Jogging
3.Bersepeda
4.Senam ”Low Impact”/ senam lansia
Agar tidak terjadi kebosanan, latihan tersebut dapat dilakukan sambil mendengarkan musik.
(Dr. Sugiyanto dan Drs. Sudjarwo, 1993:201)

Latihan tersebut bermanfaat untuk:
1.Meningkatkan efisiensi paru-paru
2.Meningkatkan efisiensi kerja jantung
3.Meningkatkan jumlah dan ukuran pembuluh-pembuluh darah
4.Meningkatkan daya kerja otot dan pembuluh darah
5.Pencegahan obesitas
(Dr. Sugiyanto dan Drs. Sudjarwo, 1993:200)

Daftar rujukan

Perkembangan dan Belajar Gerak karangan Dr. Sugyanto dan Drs. Sudjarwo hal 200-201
http://www.google.com
http://bucin.blogspot.com/2008/08/menjadi-tua-atau-dewasa.html
Dr. Faizati Karim, MPH, Panduan Kesehatan Olahraga Bagi Petugas Kesehatan, Jakarta.2002


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: